Sunday 6 May 2012

Games Pemecah kebekuan … Dilakukan ketika pertama kali kita menghandel kelas.  Atau pada saat kebosanan menyerang.  Entah itu saat Training atau Meeting lainnya.

Aku teringat permintaan Ibu Nin di Mataram.  Aku pernah berjanji pada beliau untuk memberikan satu dua permainan/ice breaking yang cocok untuk anak SMA.  Jenis Ice Breaking simple yang akan aku sharing ini sebetulnya cocok saja dimainkan untuk segala umur.  Sebut saja namanya … permainan ”BELANJA”

1.     Seluruh Peserta diminta kedepan …  Mereka berdiri berjejer dari kiri kekanan. … bisa di variasi dengan … berjejer dari yang paling pendek ke paling tinggi, atau dari yang paling muda sampai yang paling tua … dari nama yang paling sedikit hurufnya sampai yang paling panjang … atau tanggal Ultah (terserah bagaimana baiknya …)
2.     Instruksikan pada orang pertama untuk berkata …”Saya belanja ke pasar membeli Apel”.  (atau benda apapun yang berawalan ”A”)
3.     Lalu orang kedua harus menyambung dengan …”Saya belanja ke pasar membeli Apel dan Buku.  (ya orang kedua harus menyebut benda yang sudah dibeli oleh orang pertama … plus dia harus menambahkan benda lain … tapi berawalan ”B”, huruf ke dua)
4.      Giliran orang ke tiga tentu kira-kira menjadi … ”Saya belanja ke pasar membeli Apel, Buku dan …. Cempedak”
5.      Orang ke Empat … ”Saya belanja ke pasar membeli Apel, Buku, Cempedak  dan … Durian …”
6.     Demikian seterusnya … bergiliran … sehingga semua orang mendapat kesempatan untuk belanja … (jika orangnya sedikit … kembali lagi ke orang pertama …)
7.     Tentu yang kebagian paling belakang akan ”keringetan” … pertama karena dia harus mengingat semua benda yang telah disebutkan oleh orang-orang sebelumnya … plus dia mesti ngarang benda apa yang akan dia beli … dengan abjad yang pas tentu)
8.     Kalo ”oon-alike” alias tertegun, lupa, celingukan, telmi, dan sebagainya … hukum !!!

Note …
Kebayangkan ? orang yang berdiri di urutan ke 24 (abjad ”X”) …”Saya belanja ke pasar membeli Apel, Buku, Cempedak, Durian, Ember, mmm mmm Fanta … mmm Gurame … dst sampai huruf ke 24 … mmm X.. X… X Men … (hahaha)

Supaya lebih lucu, menantang dan lebih fun …
Kita hanya memberi contoh yang cemen-cemen dan umum saja (contoh Apel, Buku, Cempedak, Durian tadi )(cukup 4 huruf saja contohnya) … dan ketika mereka melakukan permainan yang sesungguhnya.  Mereka tidak boleh meniru anda, mereka harus memilih benda yang lain.
Bebaskan mereka untuk memilih benda apapun … sekalipun itu tidak umum dibelanjakan di pasar … (namanya juga usaha …)(Amplas, Bebek, Cumi, Dompet bahkan Gentong, Popok, Traktor, Jerapah, Vespa, Komet, Ulekan, Obor … apapun … pokoknya abjadnya pas).  Untuk huruf-huruf yang ”tidak populer” … pasti akan banyak ”mentok” nya … (F, Q, V, X, Z  ??)
Mau pake ”plesetan” juga boleh … i.e : Qorek Api, Vriwitan, Ples Disk, Xoklat atau Zepatu J.  (namanya juga buat lucu-lucuan … )

Learning point dari permainan ”Belanja” ini adalah …
Melatih daya ingat, kecepatan berfikir, belajar menyimak, kreatifitas … and just for laugh … of course …

(Mau lagi yang lain … ??? tunggu ya …)

(Permainan ini bukan ciptaanku … trainer juga dapet dari mulut ke mulut … dan ini aku dapat dari training lain yang pernah aku ikuti …)(dengan bumbu tambahan versiku sendiri tentu …)
.



Perkenalan
SIAPA DIA ?
Petunjuk :
·           Minta semua peserta untuk berdiri dan membentuk lingkaran
·           Minta seorang peserta untuk memperkenalkan nama dan satu hal lain mengenaidirinya dalam bentuk satu kalimat pendek ( tidak boleh lebih dari 6 kata ), misal:Nama saya Retno, fasilitator P2KP. Nama saya Rachman, Kader Komunitas
·           Mintalah peserta kedua untuk mengulang kalimat peserta pertama, baru kemudianmemperkenalkan dirinya sendiri, misal : teman saya Retno, fasilitator, saya Mika,guru sekolah
·           Peserta ketiga harus mengulang kalimat 2 peserta sebelumnya sebelummemperkenalkan diri, demikian seterusnya sampai seluruh peserta memperolehgilirannya.
·           Apabila peserta tidak dapat mengingat nama dan apa yang dikatakan 2 pesertalainnya, maka ia harus menanyakan langsung pada yang bersangkutan : ‘siapanama anda?’ atau ‘siapa nama anda dan apa yang anda katakan tadi ?’


Menghangatkan suasana
BADAI BERHEMBUS
(The Great Wind Blows)
Strategi ini merupakan icebreaker yang dibuat cepat yang membuat para peserrta latihanbergerak tertawa. Strategi tersebut merupakan cara membangun team yang baik danmenjadikan para peserta lebih mengenal satu sama lain.
Petunjuk:
·           Aturlah kursi – kursi ke dalam sebuah lingkaran. Mintalah peserta untuk duduk dikursi yang telah disediakan.
·           Jelaskan kepada peserta aturan permainan, untuk putaran pertama pemandu akanbertindak sebagai angin.
·           Pemandu sebagai angin akan mengatakan ‘angin berhembus kepada yang memakai  – misal : kacamata’ ( apabila ada beberapa peserta memakai kacamata).
·           Peserta yang memakai kacamata harus berpindah tempat duduk, pemadu sebagaiangin ikut berebut kursi.
·           Akan ada satu orang peserta yang tadi berebut kursi, tidak kebagian tempat duduk.Orang inilah yang menggantikan pemandu sebagai angin.
·           Lakukan putaran kedua, dan seterusnya. Setiap putaran yang bertindak sebagaiangin harus mengatakan ‘ angin berhembus kepada yang………….( sesuai dengankarakteristik peserta, misal : baju biru, sepatu hitam, dsb




Kerjasama tim
SEPATU LAPANGAN

Permainan ini bermanfaat untuk mendorong proses kerjasama Tim, bahwa dalam sebuahTim setiap orang akan belajar mendengar pendapat orang lain dan merekam masing-masingpendapat secara cermat dalam pikirannya, sebelum memutuskan pendapat apa yang terbaikmenurut kelompok.
Langkah – langkah:
·           Bagilah peserta ke dalam kelompok – kelompok kecil ( 5 – 6 orang ), 1 orang akanmenjadi pembicara kelaompok.
·           Mintalah setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang sepatu lapangan apa yangcocok untuk bekerja di ‘lapangan’ dan peralatan apa lagi yang dibutuhkan (waktunyasekitar 5 menit)
·           Mintalah pembicara kelompok untuk mengingat pendapat yang berbeda danpendapat yang sama dari setiap orang di kelompoknya masing-masing.
·           Mintalah pembicara kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi ini seklaigusmemperkenalkan nama anggota kelompoknya dan apa pendapat orang – orangtersebut mengenai topik diskusi di atas.
·           Setelah semua kelompok selesai, kemudian diskusikan : Apakah pembicara telahmenyampaikan pendapat semua anggota kelompoknya secara tepat ? Apa yangdikurangi? Apa yang ditambah ? Apa yang tidak tepat


Kerjasama tim
KOMPAK

Permainan ini bermanfaat untuk menghangatkan suasana dan membentuk suasana kerjadalam Tim.
Langkah – Langkah
·           Jelaskan kepada peserta aturan permainan ini
·           Bagilah peserta ke dalam 5 – 6 kelompok, yang penting satu kelompok terdiri dari 6orang.
·           Mintalah masing – masing kelompok untuk membuat lingkaran dan satu oranganggota dari masing-masing kelompok untuk berdiri di tengah – tengahkelompoknya.
·           Katakana bahwa permainan ini untuk mnguji kita , apakah di antara teman-temandalam kelompok itu saling percaya kepada TIM KERJA KITA. Yang berdiri di tengahharus menutup matanya, dengan ditutup kain, kemudian menjatuhkan diri secarabebas kea rah mana saja.
·           Sementara itu teman-teman dalam kelompoknya melingkar dan harusbertanggungjawab atas keselamatan teman yang di tengah tadi, karena permainanini bisa – bisa akan memakan korban, maka jika yang di tenagh menjatuhkan dirikepadanya dia harus siap dan bertanggungjawab untuk menahan danmelemparkannya kepada teman yang lain. Begitu seterusnya, dan minta siapa yangdi tengah bisa bicara dengan cara bergiliran



Komunikasi
BROKEN T

Permainan ini bermanfaat untuk mengajak peserta memahami perbedaan antara komunikasisatu arah dan komunikasi partisipatif, serta menyadarkan peserta akan pentingnya prinsipkesetaraan dalam berkomunikasi dengan masyarakat.
Langkah – langkah:
·           Siapkan pecahan huruf T (lihat irisan hurup T dalam gambar) sebanyak setengah dari jumlah peserta; kertas karton yang bisa berdiri – apabila tidak ada karton bisa digantidengan koran dan tali rapia – (berfungsi sebagai pembatas) sebanyak hurup T.
·           Siapkan gambar hurup T, sesuai dengan irisan tadi (T dalam gambar), sebanyakpecahan hurup T (simpan masing – masing dalam amplop)
·           Mintalah peserta untuk berpasangan, masing – masing pasangan yang satu berperansebagai Bos dan yang seorang lagi berperan sebagai atasan.
·           Selanjutnya atasan Bos dan bawahan, masing-masing duduk berhadapan dengandibatasi oleh karton atau kertas koran yang digantung dengan tali rapia.
·           Beritahu peserta bahwa permainan ini akan dibagi ke dalam beberapa babak.
·           Setiap peserta yang berperan sebagai Bos akan mendapatkan gambar hurup T yangada dalam amplop, sedangkan bawahan akan mendapatkan pecahan hurup T.
·           Babak pertama, Bos harus memberi perintah kepada bawahan untuk menyusunhurup T, bawahan tidak boleh bertanya, atasan tidak boleh memperlihatkan gambar kepada bawahan.
·           Apabila babak pertama telah selesai, babak kedua lakukan dengan perintah yangsama tetapi dalam hal ini bawahan boleh bertanya. (pembatas masih tetap dipakai)dan gambar tetap tidak boleh diperlihatkan.
·           Babak ketiga, bawahan boleh bertanya dan pembatas boleh dihilangkan.
·           Diskusikan pengalaman bermain ‘Broken T’ tadi : Apakah ada yang berhasil ?Mengapa terjadi demikian ? Bagaimana perasaan bawahan dan pendapatnyatentang Bos ? Bagaimana pendapat Bos tentang bawahannya ?
·           Simpulkan bersama peserta dengan mengaitkan efektifitas komunikasi yang setaradan partsisipatif.



Partisipasi
MENGHITUNG MUNDUR

Dalam pendampingan terhadap kelompok belajar di tengah masyarakat, kita sudah biasamenganggap bahwa masyarakat hanyalah penerima informasi, dan bukan pemberi atausumber informasi. Mengubah kebiasaan atau cara pendang yang sudah lama kita miliki,merupakan hal sulit. Kita biasanya selalu menggunakan kacamata kita. Kita menggunakanbahasa, symbol, gambar, informasi dan teknologi yang berasal dari ‘kebudayaan’ kita. Kitatidak memperhatikan apa kesulitan yang dialami masyarakat untuk menerima hal – hla yangtidak biasa bagi mereka. Sebenarnya, program yang kita kembangkan perlu dinilai menurutkacamata masyarakat, berdasarkan apa yang mereka butuhkan, dengan cara yang mudahditerima mereka.
Langkah – langkah:
·           Minta peserta untuk berdiri mambentuk suatu lingkaran. Setiap peserta menghitungsecara bergiliran mulai dari 1 sampai 50 (atau sejumlah peserta)
·           Pada saat menghitung, minta peserta memenuhi peraturan : setiap angka ‘tujuh’ atau‘ kelipatan tujuh’, angka itu tidak disebutkan, melainkan diganti dengan tepuk tangan.
·           Apabila ada peserta yang salah melaksanakan tugasnya, maka permainan dimulaidari awal.
·           Sesudah 3 – 4 ronde, permainan tahap 1 selesai
·           Permainan tahap – 2 dimulai dengan cara yang sama seperti di atas, tetapihitungannya dimulai dari angka 50 mundur terus sampai dengan angka 1. Peraturanyang diterapkan juga sama, yaitu setiap angka ‘tujuh’ atau angka ‘kelipatan tujuh’ ,angka itu tidak disebutkan, melainkan diganti dengan tepuk tangan.
·           Setelah 3-4 ronde, permainan selesai.
·           Minta peserta untuk mendiskusikan : (1) Manakah yang lebih baik banyak terjadi kesalahan, cara 1 atau cara 2 ? (2) Mengapa demikian ? (3) Kira-kira, apahubungannya permainan ini dengan cara kerja kita dalam kelompok belajar atau di tengah – tengah kehidupan masyarakat kita ( apakah mudah mengganti kebiasaan pendekatan dari atas dengan yang dari bawah )


http://www.scribd.com/doc/40674972/Metode-Metode-Permainan-Untuk-Ice-Breaking


Ice Beraking dengan Jenis yel-yel
Yel-yel walaupun sederhana tetapi mempunyai tingkat “penyembuh” yang paling baik dibanding jenis lain. Dengan melakukan yel-yel selain konsentrasi menjadi pulih kembali, juga dapat menumbuhkan semangat yang tinggi dari peserta pelatihan untuk melanjutkan pelatihan. Selain itu yel-yel juga terbukti efektif untuk menanamkan esprit de corp atau kekompakan tim dalam suatu pelatihan.
Banyak jenis yel yang bisa dilakukan dalam suatu pelatihan, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai dari yel tersebut. Di sini akan saya jelaskan sebagai berikut:
a.       Jika fasilitator ingin memusatkan perhatian kembali tanpa harus berteriak-teriak,” bapak-bapak dan ibu-ibu mohon ketenangannya karena materi berikut sangat penting!”. Kalau hal itu yang kita lakukan tentu sangatlah tidak efektif. Semakin keras kita berteriak semakin gaduh pula suasana ruang pelatihan. Semakin sering kita berteriak semakin tidak terhormat pula seorang fasilitator.
Bagaimana strateginya? Terlebih dahulu kita membuat kesepakatan-kesepakatan untuk melakukan yel-yel tertentu. Yel yang paling sering untuk tujuan ini adalah model-model sapa jawab.
Contoh
Fasilitator menyapa
Peserta menjawab
Halo
Hai
Hai
Halo
Apakabar
Luar biasa
Selamat pagi
Siap-siap
Selamat siang
Kerja keras
Selamat sore
Terima gaji
Selamat malam
Enak tenan
Kita kembali ke…
Laptop
Are you ready?
Yes
Dsb

Yel-yel tersebut dapat diciptakan sendiri berdasarkan kesepakatan bersama dengan peserta pelatihan. Jika fasilitator memandang peserta gaduh karena berbicara sendiri maka dapat menggunakan salah satu sapa jawab di atas.
a.       Yel juga sering digunakan untuk memompa semangat kerja tim dalam kerja kelompok. Yel-yel model ini biasanya sering digunakan untuk mengawali pekerjaan kelompok ataupun dalam mengakhiri kerja kelompok. Misalnya pada saat pelatihan peserta dibagi dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok dipersilahkan membuat yel-yel yang dapat memotivasi mereka untuk lebih semangat atau bahkan agar mempunyai daya kompetisi yang tinggi. Di sini yel-yel yang mereka ciptakan akan sangat berfariasi sebab jika ada 10 kelompok, maka akan terdapat 10 yel yang berbeda-beda.
Yel-yel yang muncul seperti:
Pring reketek, gunung gamping ambrol
Pasti Kelompok anggrek yang paling jempol
Kelompok mawar………
Oke-oke.. yes..
Dsb.


Ice Beraking dengan tepuk tangan
Tepuk tangan pada awalnya adalah merupakan salah satu ekspresi kegembiraan disamping tertawa. Biasanya kegembiraan yang diekspresikan dengan tepuk tangan adalah saat mendengar atau melihat diri kita atau orang lain yang memiliki hubungan dekat dengan kita mengalami suatu keberhasilan tertentu. Misalnya kita mendengar kabar kita dinyatakan lulus ujian, atau bisa juga anak kita sedang memenangi suatu perlombaan tertentu.
Ice breaking atau energizer jenis tepuk dapat dilakukan oleh siapa saja. Bagi peserta yang kurang suka menyanyi atau juga peserta yang kurangmemiliki rasa percaya diri biasanya memilih model ini. Tepuk tangan juga sangat bagus dilakukan oleh siapa saja dengan tidak melihat usia. Dari anak kecil samapai orang tua tetap pantas melakukan jenis ini.
Untuk kepentingan energizer dalam pelatihan, tepuk tangan dapat dimodifikasi menjadi banyak sekali modelnya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa model tepuk tangan, sebagai berikut:
TEPUK ANGGOTA BADAN
Jika kita pegang hidung, peserta tepuk 1 x
Jika kita pegang bibir, peserta tepuk 2 x
Jika kita pegang telinga, peserta tepuk 3 x
Jika kita bersedekap, peserta tepuk 4 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
TEPUK DIBALAS TEPUK
Jika kita tepuk 1x, peserta tepuk 4 x
Jika kita tepuk 2x, peserta tepuk 3 x
Jika kita tepuk 3x, peserta tepuk 2 x
Jika kita tepuk 4x, peserta tepuk 1 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
Dan masih banyak lagi.


Ice Beraking menyanyi
Selama ini berdasarkan pengalaman, ice breaking jenis ini adalah yang paling banyak disukai oleh peserta pelatihan apalagi kalau pesertanya kebanyakan wanita. Untuk kepentingan ice breaking menyanyi tidaklah harus lagu-lagu original ciptaan sendiri, tetapi bisa juga kita hanya menyanyikan lagu-lagu yang sedang nge-trend tetapi dengan lirik yang diganti sesuai dengan tema pelatihan. Misalnya kita ajak peserta menyanyikan lagu “Munajat Cinta” pada pelatihan guru dengan lirik sebagai berikut:
Hari ini kami di sini
Memperhatikan materi penyaji
Seperti hari-hari
yang sudah-sudah
semuanya kami lakukan
untuk menambah keterampilan
seperti orang-orang
yang profesi-onal
Tuhan jadikanlah aku
Orang yang penuh dedikasi
Ntuk memajukan bangsaku
Indonesia tercinta
Tentu masih banyak sekali contoh lagu-lagu lain yang bisa digunakan untuk energizer. Bahkan tidak hanya lagu-lagu yang sedang trend, tetapi lagu anak-anak yang dulu pernah kita kenal juga bisa tetap menarik. Tentu dengan merubah lirik-liriknya.


Ice Breaking gerak anggota badan
Energizer jenis ini biasanya digunakan dalam pelatihan jika dilihat para peserta sudah kecapaian. Setelah seharian mereka diskusi atau presentasi fasilitator, maka perlu digerakkan anggota badannya agar kondisi psikologis kembali fress. Jenis ini bisa dilakukan secara individual maupun berpasangan. Salah satu contoh adalah sebagai berikut:
Jika kita katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
Jika kita katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
Jika kita katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan memegang sepatu.

Permainan tersebut bisa dimodifikasi, dan juga dapat dilakukan secara bolak-balik tergantung kesepakatan dengan peserta.

0 comments: