Saturday 5 May 2012

  • Tips Public sepaking
  • Persiapan
Persiapan-persiapan dan persiapan merupakan factor yang mutlak sebelum kita melakukan presentasi. Tidak peduli siapapun Anda, apakah Anda seorang presenter ulung ataupun seorang presenter pemula, persiapan merupakan faktor penting yang akan membuat sebuah presentasi berjalan dengan lancar dan sukses.
  • Penguasaan Materi
    Seorang presenter yang baik adalah presenter yang betul-betul menguasai secara detail materi presentasi yang akan dia sampaikan dan akan lebih baik lagi jika apa yang disampaikan tersebut merupakan sebuah pengalaman yang sudah pernah dialami atau dijalani.
  • Materi Presentasi yang menarik (Powerpoint File)
    Maksimalkan tampilan materi presentasi anda dengan mengoptimalkan tampilan suara,animasi,warna, teks, gambar dan demo yang dapat mengaktifkan indera audiens anda sehingga apa yang anda presentasikan akan menarik perhatian audiens anda dan mereka akan  merasa dilibatkan dan fokus pada apa yang sedang anda presentasikan
·          
  • Gaya Bahasa
          Berbicaralah dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh Audiens anda dan berbicaralah dengan intonasi suara yang bervariasi dengan penekanan suara pada kalimat-kalimat penting yang ingin anda sampaikan dengan suara yang jelas dan suara yang cukup keras untuk memastikan apa yang anda ingin sampaikan terdengar jelas oleh audiens Anda.

  • Bahasa Tubuh
          Optimalkan Gaya presentasi anda dengan memainkan gaya tubuh/kontak mata yang wajar  untuk mengekspresikan apa yang sedang anda presentasikan sehingga presentasi anda akan terlihat dinamis dan tidak monoton.

  • Be Yourself 
          ‘Last but not least’ You-your Self
Persiapkan diri anda dalam hal penampilan yang wajar/rapi sesuai event presentasi yang akan Anda  hadapi. Demikian juga dalam hal skill/keahlian presentasi Anda yang dapat anda tingkatkan dengan mempelajari teknik berbicara para presenter ulung kemudian modifikasi sesuai dengan gaya presentasi anda sendiri karena bagaimanapun pencapaiaan maksimal dalam berpresentasi bukan menjadi diri orang lain tetapi anda-diri anda sendiri be your self. perbanyak jam terbang didalam memberikan presentasi dan sukses untuk Anda.
Membuat Materi Presentasi
1. Tentukan Topik/Tema/ Judul yang menarik

Menentukan Topik/Tema/Judul sebuah Presentasi merupakan langkah awal yang menentukan untuk menarik perhatian atau merangsang keingin tauan Audiens. Pilih judul yang singkat dengan susunan kalimat yang menarik.

2. Buat urutan Logis Slide Presentasi

Tentukan urutan logis Point-Point Penting  dari materi presentasi yang  ingin ditampilkan pada tiap-tiap Slide presentasi sehingga presentasi yang anda sampaikan akan lancer dan member kesan  sebagai satu kesatuan yang utuh.

3. Content/Isi Materi presentasi

Isi materi presentasi sebaiknya dibagi 3 bagian: terdiri dari Pembukaan, Isi dan Penutup. Buatlah Materi Presentasi dengan bahasa yang sesuai dengan target Audiens Anda, jika penggunaan bahasa atau istilah asing/ilmiah yang  tidak bisa dihindarkan sebaiknya diberi penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens Anda. Sisipan Joke/kisah/ilustrasi yang  tidak berlebihan  dan relavan  dengan topik sangat dianjurkan untuk penyegaran bagi audiens selama mengikuti presentasi Anda.

4. Tentukan Durasi presentasi

Durasi yang ideal didalam memberikan sebuah presentasi adalah antara 1 s/d 2 jam guna menghindari ‘Ear fatique’ atau ‘kelelahan pendengaran’ yang mungkin timbul  bagi audiens sehingga tidak mengurangi efektifitas presentasi itu sendiri. Jika Materi yang akan dipresentasikan melebihan 2 jam, sebaiknya dipresentasikan dalam beberapa bagian dengan  jeda waktu antar bagian presentasi.

5. Tentukan Media Presentasi

Media Presentasi yang efektif sebaiknya yang dapat menyajikan secara Audio-Visual untuk memaksimalkan penerimaan materi oleh para audiens. Dalam hal ini media Power point dengan design presentasi yang menarik merupakan salah satu alternatif terbaik saat ini.



MEMPERSIAPKAN PRESENTASI YANG BAIK

Presentasi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan  dari berbagai kegiatan Bisnis, Pendidikan,ilmiah, Company Profile, Agama, dll. Dengan presentasi, kita bisa mengkomunikasikan ide-ide kita secara lebih atraktif dan efektif kepada Audiens.
Hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan sebuah presentasi adalah Materi (Topik) presentasi itu sendiri, Bentuk penyajian Presentasi (PowerPoint) dan Bagaimana kita membawakan presentasi tersebut.
Materi presentasi yang baik
Secara umum beberapa hal yang mesti menjadi perhatian didalam menyampaikan materi presentasi, adalah sebagai berikut:

I. Opening-Pembukaan
  • Lakukan ‘Ice Breaking’ untuk mencairkan suasana dan membina hubungan dengan audiens?
  • Sampaikan Tujuan dan manfaat yang akan Audiens dapatkan di awal penyampaian presentasi.
II. Content-Materi
  • Susun urutan logis point-point materi presentasi yang ingin anda sampaikan secara sistematis dan saling berhubungan/menunjang antar Slide presentasi sehingga akan memperkuat/mempertegas apa yang ingin anda sampaikan.
  • Pergunakan ilustrasi,kutipan, audio-visual atau kisah yang mempunyai korelasi dengan topik yang kita presentasikan.
  • Persiapkan kalimat-kalimat transisi antar peralihan satu slide dengan slide yang lain untuk memastikan audiens mengerti point yang anda jelaskan dan memancing keingin tauan audiens akan penjelasan lebih lanjut di slide berikut.
III. Summary-Ringkasan
  • Review ulang Point-point penting Materi presentasi yang sudah Anda sampaikan..
  • Beri kesempatan kepad Audiens untuk melakukan Tanya jawab dengan kuota waktu yang singkat misalnya:15 menit.
IV. Closing-Penutup
  • Persiapkan kata-kata/kisah inspiratif untuk menutup presentasi Anda.
  • Salam penutup.

0 comments: